Biaya kuliah UKT (Uang Kuliah Tunggal) sudah mulai berlaku di ITB sejak tahun 2013. Berarti, mahasiswa angkatan 2013 merupakan angkatan pertama yang pake program UKT itu. Gak kerasa sekarang mereka udah di tahun keempat aja ya. Nah selama 4 tahun masa UKT ini, masih ada pritilan-pritilan yang dikeluhkan oleh mahasiswa. Macem-macem ini dan itu. Mari kita intip beberapa masalah yang masih perlu dibenahi. Berdasarkan keluhan-keluhan tersebut, Kementerian Advokasi Kebijakan Kampus KM ITB Bayu Pratama merangkumnya dalam empat perkara yang masih perlu dibenahi dari program UKT.

1. Di beberapa jurusan seperti Teknik Geologi, Teknik Geofisika, masih ada penarikan biaya lain-lain. Seharusnya dengan istilah kuliah tunggal, tidak ada lagi tuh penarikan biaya kuliah lagi. Tapi, mahasiswa masih harus membayar kuliah lapangan.

2. Seharusnya adanya penjejangan nilai UKT di tiap jurusan. Karena kebutuhan pengeluaran di tiap jurusan berbeda.

3. Adanya keterbukaan di dalam pemanfaatan Uang Kuliah Mahasiswa melalui data publik yang bisa diketahui oleh mahasiswa.

4. Belum ada keringanan untuk beban UKT untuk mahasiswa semester 9 ke atas. Karena angkatan 2013 menjadi angkatan pertama yang diterapkan sistem UKT di dalam pembiayaan kuliahnya, pembahasan keringanan UKT utk mahasiswa lewat semester 8 menjadi bahasan di beberapa kampus yg berbasis PTN BH. Hal ini menjadi bahasan karena pada umumnya hampir sebagian besar mahasiswa lewat semester 8 berfokus pada Tugas Akhir dan atau menunggu waktu sidang. Kan sayang kalau harus bayar kuliah yang utuh.

Menjadi sempurna itu bukanlah perkara mudah. Begitu juga dengan program UKT ini yang ternyata masih menuai keluhan-keluhan dari pihak mahasiswa. Semoga keluhan-keluhan ini semoga bisa segera teratasi ya guys.