Udah pernah makan kumbang belom ?”

“Kalo larva ?”

Kalo dikasi pertanyaan kayak gini sebagian besar dari kita mungkin bakal ngejawab belom. Ya kali coy, makan larva.

Ngelihat bentuknya aja udah geli banget apalagi ngebayangin hewan itu ada di lidah, tenggorokan, kemudian perut kita. Huhuhu gemayyy.

Image result for serangga lucu

Ilustrasi Serangga Lucu. Gambar: Intisari online

Sadar ga sih kalo sebenernya hewan-hewan seperti itu, serangga sangat dekat dengan makanan kita sehari-hari.

Kenyataannya, kata FDA (Food and Drug Administration) kita bisa menemukan 60 serangga dalam 100 gram brokoli.

Eee busettt banyak juga. Jadinya brokoli dalam serangga, bukan sebaliknya. Hahaha. Lebih seremnya lagi, rata-rata peminum kopi bisa mengonsumsi hampir 140000 potongan tubuh serangga.

Dan katanya serangga yang paling banyak terkonsumsi itu adalah kumbang, 31 %.

Ternyata selain di taman, kumbang juga banyak di tubuh manusia. Heheheh keinget sama lagu dangdutnya Ade Irma.

Buah dan sayuran memang merupakan makanan yang sangat sering dihinggapi sama serangga. Ga kebayang kan mungkin aja ada potongan tubuh mereka yang tersisa di buah atau sayuran itu meskipun udah dibersihkan.

Atau bahkan serangga dalam kondisi utuh dan hidup masih tumbuh di sana tapi karena ukurannya yang sangat kecil kita ga nyadar sama keberadaan mereka. So yang jeli ya kalo makan buah atau sayuran mentah.

Gambar: Okezone Lifestyle

Eitsss tapi bukan bermaksud untuk ngetrigger buat mengurangi konsumsi sayur dan buah ya.

Soalnya serangga-serangga yang banyak terdapat pada buah, sayuran, atau kopi, baik disadari keberadaannya ataupun enggak, sebenernya mereka itu bukan tergolong hewan yang berbahaya lho.

Malahan ada jenis serangga yang dianjurkan oleh para ahli untuk dikonsumsi saking berfaedahnya bagi tubuh manusia. Ga percaya ? Nih simak.

Kalo kata FAO sih 3 – 5 ons belalang (salah satu jenis serangga) itu mengandung 14 – 28 gram protein. Hewan ini juga kaya kalsium dan zat besi. Selain itu, belalang rasanya netral coy jadi kita bisa bebas mengkreasikan penyajiannya jadi berbagai macam panganan. Nah kalo kumbang gimana ? Dalam satu sajian kecil, kumbang mengandung 36 gram protein.

Hewan ini juga kaya akan kalsium, zat besi, dan zinc. Beda lagi sama larva, hewan melata yang geli-geli gemay itu.

Si larva ini kalo dikeringkan sejumlah 100 gram bisa mengandung 53 gram protein dan 15 persen lemak. Jumlah protein itu bahkan lebih tinggi dibanding dengan kandungan protein ikan dan daging.

Bisa nih jadi alternatif lauk kalo harga daging lagi naik waktu hari raya. Tetangga makan daging kita makan larva. Wkwkwk.
Udah kepikiran serangga jenis apa yang mau disajikan hari ini, esok, dan seterusnya ? [Aziz]

Sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/07/berapa-banyak-serangga-yang-telah-anda-makan