“Perasaan dua bulan yang lalu si dede ponakan aku beliin pakaian baru, tapi kenapa sekarang sudah nggak cukup lagi? Huft.”

Waktu kita masih kecil, pertumbuhan kita cepat banget. Memang, pertumbuhan yang paling cepat pada manusia dialami dari kita lahir, sampai 5 tahun.

Tentu menyenangkan melihat si bayi yang lucu ini berkembang dari hari ke hari. Tapi, tentu bakal repot karena orangtuanya ini harus bulak-balik beli pakaian baru.

Nah, masalah rupanya terpikir pula oleh seorang desainer inovatif bernama Ryan Mario Yasin. Saat itu ia membeli hadiah kepada keponakannya. Ternyata, pada saat pemberian kadonya, keponakannya ini sudah terlalu besar untuk hadiah itu.

Alhasil, ia menciptakan baju dengan desain memiliki lipatan-lipatan permanen yang melebar saat ditarik. Lipatan ini akan membesar seiring pertumbuhan anak. Ia melabeli busananya ini dengan nama Petit Pli.

Pakaian ini ditujukan untuk anak berumur 6 bulan sampai 3 tahun. Berarti, satu pakaian saja sudah cukup untuk menemani hidup anak selama dua setengah tahun! Dalam masa-masa ini, satu anak bisa enam kali gonta-ganti ukuran pakaian. Sementara jika menggunakan desain ini, satu ukuran saja cukup.

Tidak hanya itu yang Yasin tawarkan. Pakaian ini sudah didesain dengan bahan tertentu yang membuatnya tahan air dan tahan angin! Tentu saja, Yasin telah mengajukan hak paten dan tinggal menunggu disetujui.

Yasin berharap, dengan adanya pakaian ini, sampah industri pakaian di dunia bisa berkurang. Keluarga yang sering mengeluh atas pergantian ukuran pakaian anaknya pun dapat berhemat. Nyambung-nyambung ke gerakan go-green juga yaa.

“Anak-anak tumbuh melebihi pakaiannya hanya perlu waktu beberapa bulan, tapi kita memberikan mereka pakaian orang dewasa yang dikecilkan. Kenapa kita tidak buat desain untuk mengikuti perkembangan si anak?” katanya.

Yasin, uniknya, bereksperimen dengan kain-kain dan bahan-bahan baju di rumahnya sendiri dan berakhir dengan desain menakjubkan seperti sekarang.

Tentu saja, semua desain baju harus didasarkan pada ilmu busana, tapi sebagian dari desain ini berasal dari ilmu teknik penerbangan, lho!  Yasin mengaku bahwa desain lipatan baju ini terinspirasi oleh desain terlipat untuk satelit kecil di luar angkasa.

Semoga saja, pakaian dengan desain menggebrak ini bisa membuat perubahan baik dengan mengurangi limbah di Bumi. Kamu pun bisa tanpa kuatir membelikan baju buat ponakan atau buat, ehm, buah hatimu kelak.

[Ilalang]

Sumber: https://www.dezeen.com/2017/07/05/ryan-mario-yasin-petit-pli-clothing-expands-fit-children-grow-royal-college-art-design-graduates/