obat ngantuk yang mujarab apa ya?

Tidur!

Image result for mengantuk

Ya eta sih udah pasti. Maksudnya, ketika ngantuk tapi kita dalam posisi yang nggak boleh tidur, salah satunya menyetir, harus gimana?

Di Indonesia, tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi disebabkan oleh rasa kantuk.

Sangat susah menghindari rasa kantuk ketika kita mengemudi, terutama karena perasaan yang terus memaksa bahwa kita bisa melanjutkan, padahal seharusnya istirahat.

Image result for mengantuk

 

 

 

 

 

 

 

Tiga mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya membuat inovasi untuk mencegah kejadian semacam itu yang disebut Alas Duduk Anti Kantuk, yang bisa disingkat Alakantuk.

Alakantuk adalah alas duduk yang mampu memindai detak jantung dan meningkatkannya ketika berada di bawah batas normal, sehingga kantuk bisa dihindari dan bahaya bisa dicegah.

Sensor yang dipasang di lengan akan otomatis mengirim perintah bagi alas untuk bergetar jika detak jantung di bawah 80 denyut per menit.

Alakantuk terdiri dari dua bagian yaitu alas duduk dan gelang sensor detak jantung.

Alas duduk berfungsi sebagai penggetar untuk membangunkan atau mengejutkan pengemudi ketika mengantuk, sedangkan sensor detak jantung berfungsi mengukur detak jantung yang dipasang di pergelangan tangan.

Kemudahan penggunaan sudah jangan ditanya. Cukup dengan memasang gelang sensor detak jantung, menyimpan lapisan penggetar di jok, lalu diduduki.

Sangat praktis, namun juga sangat inovatif. Hal ini membuat Alakantuk bisa diterima di masyarakat secara luas.

Menurut salah seorang penemu Alakantuk, Prayoga Bintang Primawan, Alakantuk adalah solusi yang tepat bagi supir kendaraan roda empat yang memegang kemudi lebih dari 12 jam per hari.

Alakantuk dapat digunakan secara terus-menerus, memudahkan para pengguna di kondisi darurat.

Image result for night traffic speed

Saat ini, Alakantuk sedang dalam proses pengajuan paten. Tiga mahasiswa tersebut berjanji akan melakukan pengujian lebih lanjut dan terus memperbaiki desainnya agar lebih enak dipandang dan mengikuti lekuk tubuh sehingga pengguna merasa aman dan nyaman.

Walaupun alat ini bisa memperingati dan membangunkan kita saat mengantuk, disarankan saat terjadi kantuk yang hebat kita berhenti beristirahat.

Alakantuk memiliki tujuan memperingati, bukan membuat kantuk hilang. Fokus saat mengemudi adalah hal yang penting dan harus dirawat supaya kondisinya prima.

[lalang]

sumber: http://regional.liputan6.com/read/2998081/inovasi-pengusir-kantuk-ala-mahasiswa-malang