Minum susu nggak pake repot, nggak pake kemasan. Tinggal cemplungin kapsul susu ke dalam air panas, jadi deh. Biar gampang bayanginnya, bayangin aja gula batu yang dicemplungin ke air kemudian larut bersama air.

Plung!

Nah, kalau ini teh susu. Ini teh susu, wkwk. Susu berbentuk kapsul, masukkan ke air hingga larut menjadi seperti susu cair.

Kreasi ini digawangi oleh Martin Luther University of Halle-Wittenberg di Jerman. Ilmuwan mengatakan, cara kerjanya emang diadaptasi dari cara kerja gula batu. Mereka membuat lapisan kristal yang menjaga kandungan susu sampai siap jadi kapsul.

Asal muasalnya, periset mengemas susu cair di dalam dua zat gula yang mengkristal. Apa itu sodara-sodara? Zat gula sukrosa untuk tingkat kemanisan tinggi dan erythritol untuk tingkat kemanisan sedang.

Sayangnya, untuk saat ini, belum ada kapsul yang hanya berisi susu tanpa gula tambahan. Tetapi para ilmuwan dalam tim ini tengah mengerjakannya.

Hasil baiknya, produksi tidak perlu repot pakai kemasan kertas dan otomatis lebih hemat dalam hal persampahan.

“Kapsul ini bisa menggantikan krimer kemasan kecil yang sangat tidak praktis yang biasa digunakan dalam jumlah besar di berbagai konferensi atau di pesawat,” kata salah satu anggota tim, Joachim Ulrich.

Wah pengen juga deh bikin susu tinggal cemplungin kapsul ini. Sayangnya, belum jelas kapan produk ini dikomersilkan. Jalan masih panjang.

Masih harus ada uji kesehatan dan keselamatan. karena harus melalui serangkaian uji kesehatan dan keselamatan. Buat yang udah pengen, sabar ya guys.

[evy]

sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/08/ilmuwan-jerman-sukses-membuat-kapsul-susu-tanpa-kemasan