Sakit hati ini macem-macem obatnya deh. Ada yang bisa ilang cepet, ada juga yang lama. Ada yang nulis berlembar-lembar puisi, lagu kayak Glenn Fredly, curhat, dsb.

Ada yang pilih jalan kaki berkilo-kilo meter, ada juga yang duduk termenung di bawah poon. Ati-ati lho bang.

 

Atau, coba obat yang satu ini deh. Saya bukan tukang obat, aseli. Kepo-kepo aja dari artikel ini, berenang bisa menghilangkan rasa sedih. Rasa prustasi.

Menurut Aimee C. Kimball seorang psikolog  sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine di University of Pittsburgh Medical Center, berenangbisa membuat rasa sedih, kecemasan dan depresi berkurang secara signifikan.

Wah, bener nggak sih? Rasa-rasanya sih, pengalaman pribadi ya, setelah berenang tuh rasanya plong dan happy. Seperti ingin meletup-letup  

Apa yang terjadi dengan tubuh kita saat berenang?

Hasil gambar untuk berenang

sumber: coloryourworld

Tubuh ini akan melepaskan endorfin.  Hehehe, kenal kan dengan si endorfin ini? Senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia, bahkan euforia. Zat endorfin inilah yang berjasa yang mengatasi rasa sedih, gundah gulana, stres dan  tentunya meningkatkan perasaan happy,

Simpelnya,, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf.

“Olahraga seperti berenang mampu mempengaruhi serotonin yang menghasilkan atrial natriuretic peptide (ANP). ANP berguna untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh, namun baru-baru ini ditemukan bahwa ANP membantu menghilangkan stres dengan cara mengendalikan respons otak terhadap kecemasan dan stres,”

Renang juga bikin tubuh menjadi rileks. Badan yang enak bisa ngaruh juga ke mood kita. Ayo berenang secara sehat!

 

(Wisnubrata/Kompas.com. Sumber: hellosehat.com)